Senin, 20 April 2020

Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM)

PENDAHULUAN

Pengembangan kemahasiswaan adalah suatu upaya yang dilakukan dengan penuh kesadaran, berencana, teratur, terarah, dan bertanggung jawab untuk mengembangkan sikap, kepribadian, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam mendukung kegiatan kurikuler untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
Salah satu bentuk upaya atau pengembangan tersebut adalah pemberian bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam manajemen organisasi mahasiswa baik intra maupun antarperguruan tinggi yang diberi nama Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM).
Saat ini terdapat empat jenis LKMM, yaitu LKMM Pra-Dasar, Dasar, Menengah dan Lanjut. LKMM Pra-Dasar berdurasi 10 Jam untuk membekali mahasiswa baru dengan keterampilan dasar dalam berkomunikasi, mengenal potensi diri, mengembangkan sifat kritis dan memposisikan diri secara efektif dalam organisasi kemahasiswaan. LKMM Dasar berdurasi 20 Jam untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaan dengan perencanaan dan sistematika yang baik.
Sedangkan LKMM Tingkat Menengah berdurasi 30 Jam yang terdiri atas 5 Materi atau bahan kajian untuk membekali mahasiswa dengan wawasan dan keterampilan mengkoordinasi dan membina tim kerja dalam suatu kelembagaan, sedangkan Tingkat Lanjut di sebut pula Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Kader Bangsa berdurasi 32 Jam bertujuan membekali mahasiswa dengan wawasan dan keterampilan mengelola opini publik (wacana).
LKMM tingkat Menengah ini diperuntukkan bagi para mahasiswa semester III yang perlu dibekali dengan berbagai kesiapan dalam menghadapi semester-semester berikutnya yang lebih berat dengan tugas-tugas intra, ko dan ekstra kurikuler, yang harus didukung dengan kedisiplinan, manajemen diri dan kelompok, pengambilan keputusan, dan kemampuan mengungkap gagasan agar dapat lebih berprestasi di banyak bidang dan dapat menyelesaikan studi secara tepat waktu.
Dengan bekal yang diberikan di dalam LKMM diharapkan mahasiswa sebagai insan dewasa tidak hanya menjadi pemimpin yang baik, tetapi juga yang mempunyai kemampuan teknis yang sesuai dengan tuntutan pembangunan dan masyarakat di masa mendatang.

 DASAR

  1. Undang Undang Negera Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 
  2. Undang Undang Negera Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi 

 TUJUAN

LKMM bertujuan membekali mahasiswa dengan kemampuan memimpin dengan cara memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan kemampuan manajerial. Secara khusus tujuan tersebut di atas dapat di jabarkan sebagai berikut:
  1. Mahasiswa memiliki keterampilan manajerial yang sepadan dengan tingkat tanggung jawabnya masing-masing.
  2. Mahasiswa memiliki rasa tanggung jawab, sikap mandiri, dan jiwa kewirausahaan karena kemampuannya berorganisasi.
  3. Mahasiswa memiliki dan mampu mengembangkan sikap yang berorientasi pada prestasi dan pencapaian hasil yang sebaik mungkin.
  4. Mahasiswa mampu menerapkan dan mengembangkan kemampuannya untuk berpikir secara ilmiah dalam praktek berorganisasi.
  5.  Mahasiswa mampu menerapkan kesadaran berbangsa dan bernegara serta rasa cinta tanah air.

JENIS LKMM DAN KURIKULUM MINIMAL

Pelaksanaan LKMM dilakukan secara berjenjang menggunakan sistem penahapan sebagai berikut.

1.     Tingkat Pradasar

Tujuan LKMM Tingkat Pradasar adalah membekali mahasiswa baru dengan keterampilan dasar dalam berkomunikasi, mengenal potensi diri, mengembangkan sifat kritis dan memposisikan diri secara efektif dalam organisasi kemahasiswaan. Adapun kurikulum minimal yang ditentukan adalah sebagai berikut.

Tabel 1. Kurikulum Minimal LKMM Tingkat Pradasar

No
Materi
Topik
Metode
Waktu (Jam)
1.
Sifat kritis
1.  Persepsi
2.  Kesalahan-kesalahan berpikir
Eksperimen
Latihan
2
2
2.
Ketrampilan
Berkomunikasi
1.  Mendengar aktif
2.  Berbicara efektif
Latihan
Latihan
1,5
1,5
3.
Pola Pikir Prestatif
1.  Dasar konsep AKU
2.  Sasaran, Risiko, dan Konsekuensi
Ceramah/Eksperimen
Ceramah/Eksperimen
1
2
4.
Pengenalan dan Penembangan Diri
1.  Pengenalan diri
2.  Pengembangan diri
Ceramah
Latihan
Eksperimen
1
1
2
Jumlah
14

2.     Tingkat Dasar

Tujuan LKMM Tingkat Dasar adalah membekali mahasiswa dengan keterampilan menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaan dengan perencanaan dan sistematika yang baik, dengan kurikulum minimal sebagai berikut.
Tabel 2. Kurikulum Minimal LKMM Tingkat Dasar

No
Materi
Topik
Metode
Waktu (Jam)
1.
Perumusan gagasan awal
1.  Analisis kondisi lingkungan
2.  Perumusan gagasan awal
Latihan/penugasan
2
2
2.
Penjabaran rencana kerja dan kepanitiaan
1.  Tolok ukur keberhasilan
2.  Perencanaan jadwal kerja
3.  Dasar-dasar organisasi
4.  Pengorganisasian kegiatan/ kepanitiaan
5.  Komunikasi antar unit kerja
6.  Penjabaran gagasan awal
Ceramah & Latihan
Ceramah & Latihan
Ceramah
Latihan/eksperimen

Eksperimen
Penugasan
1
2
1
2

2
1
3.
Administrasi
1.  Administrasi kesekretariatan
2.  Administrasi keuangan
Ceramah
Ceramah
1
1
4.
Pengendaliam motivasi
1.  Hakikat motivasi
2.  Pengambilan keputusan
3.  Pengendalian konflik
Ceramah
Latihan
Eksperimen
1
2
2
5.
Pengembangan program kerja
1.  Teknik penyusunan usulan kegiatan
2.  Penyempurnaan usulan kegiatan
Ceramah

Penugasan
1

1
Jumlah
22


3.     Tingkat Menengah

Tujuan LKMM Tingkat Menengah adalah membekali mahasiswa dengan wawasan dan keterampilan mengkoordinasi dan membina tim kerja dalam suatu kelembagaan dengan kurikulum minimal sebagai berikut.
Tabel 3. Kurikulum Minimal LKMM Tingkat Menengah

No
Materi
Topik
Metode
Waktu (Jam)
1.
Kebijakan Bidang Kemahasiswaan
1.  Polbangmawa
2.    LKMM
Ceramah
2
2.
Perkembangan Teknologi Informasi dan Kemahasiswaan
Manajemen pengelolaan  informasi dan masalah organisasi
Ceramah
2
3.
Berpikir Ilmiah dalam Berorganisasi
1.   Kepemimpinan
2. Pengambilan Keputusan
3. Diskusi Ilmiah
Ceramah, Simulasi dan Tanya Jawab
6
4.
Hakikat Organisasi
1. Organ. sebagai sub sistem
2.  Asas-asas manajemen
3.  Perangkat organisasi
4.  Penentuan kinerja organ.
·       Ceramah, simulasi
·       Latihan dan Penugasan
2
5.
Klasifikasi masalah Organisasi
1. Identifikasi masalah organ.
2. Pemecahan masalah organ.
Simulasi, Ceramah
2
6.
Pengukuran Kinerja Organisasi
1.  Model-model pengukuran kinerja organisasi
2. Analisis SWOT
Ceramah,
Simulasi
2
7.
Kunjungan Lapangan
1.   Manajemen Organisasi
2. Pemecahan masalah organ.
Dialog langsung dengan Narasumber
6
8.
Rencana Pengembangan Organisasi
1. Perumusan masalah organ.
2.Pengemb. alternatif solusi
3. Penyusunan rencana pengembangan organisasi (tujuan dan indikator kinerja)
Ceramah, Simulasi dan Penugasan
8
Jumlah
30

4.     Tingkat Lanjut

LKMM Tingkat Lanjut di sebut pula Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Kader Bangsa yang bertujuan membekali mahasiswa dengan wawasan dan keterampilan mengelola opini publik (wacana). Adapun kurikulum minimalnya adalah sebagai berikut.
Tabel 4. Kurikulum Minimal LKMM Tingkat Lanjut
No
Materi
Topik
Metode
Waktu (Jam)
1.
Nasionalisme dan globalisasi
1.  Sejarah perkemb. bangsa-bangsa
2.  Interdependensi dan pembagian peran
3.  Heterogenitas dan kemungkinan konflik horizontal
4.  Mutual trust
Tugas mandiri, Kerja kelompok
Diskusi pleno dan ulasan pakar rujuk
3
2.
Nilai dan visi masa depan
1.  Demokrasi
2.  Humanitas
3.  Hak asasi manusia
Kerja mandiri,
Diskusi dan ulasan pakar rujuk
4
3.
Indicator kesejahteraan
1.  Ekonomi
2.  Pendidikan
3.  Kesehatan
Kerja mandiri,
Diskusi dan ulasan pakar rujuk
3
4.
System swabina
1.  Pengertian sistem
2.  Ciri-ciri sistem
3.  Pengembangan sistem
Ceramah, Kerja mandiri dan Diskusi
2
5.
Analisis dan diagnosis situasi
1.  Jenis & sumber data/informasi
2.  Analisis data
3.  Diagnosis
Kerja mandiri,
Kunjungan lapangan & Diskusi
12
6.
Manajemen wacana public
1.  Analisis wacana
2.  Struktur wacana
3.  Strategi sosialisasi wacana
Ceramah, Kerja kelompok dan Diskusi pleno
12
Jumlah
36

PELAKSANAAN LKMM TINGKAT MENENGAH

A. Pengantar
Latihan Keterampilan Manajemen Tingkat Menengah, sesuai dengan jenjang dan sifatnya hanya terdiri atas 2 (dua) materi, yaitu (1) Materi Pengembangan Wawasan yang berisi 4 (empat) topik dan, (2) Materi Pengembangan Sikap dan Keterampilan yang berisi 5 (lima) topik kegiatan. Kelima kegiatan dalam materi pengembangan sikap dan keterampilan ini terdiri atas topik Berpikir Kritis Kreatif dan Inovatif dalam Berorganisasi, Organisasi Modern, Konsep SaHaBaT Sebagai Alat Analisis Organisasi, Aplikasi Konsep SaHaBaT dalam Kasus Organisasi, dan Rencana Pengembangan Organisasi
Kurikulum ini bersifat minimal yang tentu saja masih dapat dikembangkan sesuai dengan kemampuan perguruan tinggi (wilayah) penyelenggara. Pengembangan materi diharapkan tetap pada fokus peningkatan kemampuan mahasiswa dalam “Manajemen Organisasi”.

B. Tujuan
Tujuan LKMM Tingkat Menengah adalah membekali mahasiswa dengan wawasan, sikap keterampilan untuk mengkoordinasi dan membina tim kerja dalam suatu kelembagaan. Sesuai dengan tujuan tersebut, maka mahasiswa yang menyelesaikan LKMM Tingkat Menengah diharapkan:
  1. Memiliki wawasan tentang kondisi lingkungan yang Dianalisis, sehingga dapat diungkapkan tantangan pengembangan lingkungan dan kebutuhan adanya suatu organisasi untuk mewujudkan tantangan tersebut.
  2. Mampu melakukan analisis Mitra Strategis organisasi dan menetapkan sasaran-sasaran organisasi.
  3. Mampu menjabarkan visi, misi, dan nilai dari lembaga yang dirancangnya dalam program-program kerja yang mempunyai sasaran yang realistik sesuai dengan kondisi “Here and Now”;
  4. Mampu berdiskusi/bertukar pikiran bekerjasama dalam kelompok dengan sikap ilmiah;
  5. Mampu menganalisis kekuatan dan kelemahan lembaga/organisasi yang dipimpinnya, serta mampu mengantisipasi berbagai hambatan maupun bantuan yang ada dalam usaha merealisasikan program kerja yang telah disusun;
  6. Mampu merumuskan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh organisasi yang dipimpinnya dan mampu mentransformasi masalah yang dihadapi organisasi menjadi target yang harus dicapai dalam rangka pemecahan masalah itu;
  7. Mampu mengimplementasikan keputusan yang telah diambil atau dengan kata lain mampu mengkoordinasi kerja kelompok untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan.
C. Sasaran Peserta

a. Persyaratan
Peserta pelatihan adalah para mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi, dengan persyaratan sebagai berikut:
  1. Pernah mengikuti LKMM tingkat dasar atau pelatihan setara.
  2. Masih terdaftar dan aktif di perguruan tinggi (semester III – V).
  3. Aktif sebagai pengurus organisasi mahasiswa di perguruan tinggi.
  4. IPK minimal 2,75 (skala empat)
  5. Mengirim Biodata (CV)
  6. Melampirkan surat rekomendasi dari pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan.
  7. Bersedia mengenakan jaket almamater dan menaati tata tertib dan ketentuan pada saat penyelenggaraan.
b. Jumlah Peserta
Agar proses pelatihan efektif, maka jumlah peserta maksimal 40 orang di setiap kelas.

D. Fasilitator
Dalam kegiatan LKMM Tingkat Menengah, pemateri terdiri atas pemandu dan penceramah dengan ketentuan:
  1. Pemandu berfungsi sebagai pembimbing dan manajer, tidak menggurui atau memberikan ceramah dalam pelatihan;
  2. Pemandu bertanggung jawab untuk mengikuti seluruh kegiatan dari awal hingga akhir;
  3. Pemandu adalah dosen yang telah mengikuti Pelatihan ToT LKMM, yang diadakan oleh Ditjen Dikti,
  4. Pemandu adalah dosen yang ditunjuk oleh Ditjen Dikti dan pimpinan PT;
  5. Penceramah adalah seorang yang diminta Ditjen Dikti dan/atau perguruan tinggi untuk memberikan uraian/penjelasan suatu topik yang merupakan bidang kompetensinya.
E. Organisasi Penyelenggara dan Persyaratan
a. Organisasi dan Tata Kelola Pelaksana
  1. Panitia minimal terdiri atas Penanggungjawab, Ketua, Sekretaris, dan Bendahara;
  2. Pemateri terdiri atas Penceramah dan Pemandu;
  3. Untuk tiap rombongan belajar panitia mengundang maksimum 40 (empat puluh) orang dari beberapa perguruan tinggi;
  4. Untuk setiap pelaksanaan LKMM dimungkinkan adanya lebih dari 1 (satu) rombongan belajar.
b. Persyaratan Penyelenggaraan LKMM
  1. LKMM diselenggarakan di tempat yang memiliki ruang sidang kapasitas minimum 40 (empat puluh) orang yang dilengkapi pengatur udara, jaringan internet wifi minimun 20 Mbps dan tata suara, serta penginapan;
  2. Pemandu LKMM telah mengikuti ToT LKMM yang dilaksanakan oleh Ditjen Dikti;
  3. Jumlah yang diikutsertakan paling banyak 40 (empat puluh) orang, yang terdiri atas mahasiswa yang aktif dalam berbagai organisasi kemahasiswaan, maupun unit kegiatan mahasiswa tingkat perguruan tinggi melalui seleksi.
  4. LKMM dapat diselenggarakan oleh Ditjen Dikti atau LLDIKTI/Perguruan Tinggi setelah mendapat persetujuan dari Ditjen Dikti.
c. Sertifikat LKMM
Sertifikat LKMM diberikan kepada peserta yang mengikuti kegiatan secara penuh dan telah menyelesaikan seluruh tugas yang diberikan selama dan pasca pelatihan.

F. Materi, Topik dan Metode
Untuk membekali para mahasiswa agar memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan yang telah disebut di atas, maka materi yang diberikan dalam LKMM tingkat Menengah terdiri atas dua materi utama yang dibagi dalam beberapa topik dan metode, serta waktu atau durasi setiap topik seperti uraian sebagai berikut:

a. Materi Pengembangan Wawasan
  • Materi ini diisi dengan rangkaian ceramah yang bertujuan untuk mengembangkan wawasan para peserta, yang topik-topiknya disesuaikan dengan kondisi terkini secara kontektual dengan metode Ceramah dan Diskusi.
  • Ceramah-ceramah terutama untuk memberikan informasi-informasi kepada peserta dalam rangka perluasan wawasan, dengan memperhatikan kekhususan kondisi yang ada di berbagai perguruan tinggi penyelenggara.
  • Topik-topik yang diberikan meliputi Kebijakan Kemahasiswaan, Kepemimpinan, Etika Diskusi Ilmiah, Wawasan Kebangsaan/Bela Negara.
b. Materi Pembentukan Sikap dan Pengembangan Keterampilan Manajemen
  • Materi ini diisi dengan kegiatan untuk mengembangkan sikap ilmiah (agar mampu bersikap obyektif dalam melakukan diskusi untuk mengumpulkan informasi dan merumuskan masalah), dan latihan-latihan yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan peserta dan mengambil keputusan, serta mengkoordinasikan kerja kelompok dalam perencanaan pengembangan organisasi. 
  • Topik-topik materi  mencakup kegiatan-kegiatan untuk membangun Sikap dan Keterampilan dengan urutan sebagai berikut:
  1. Topik Berpikir Kritis Kreatif dan Inovatif dalam Berorganisasi
  2. Organisasi Modern
  3. Konsep SaHaBaT Sebagai Alat Analisis Organisasi
  4. Aplikasi Konsep SaHaBaT dalam Kasus Organisasi,
  5. Rencana Pengembangan Organisasi

G. Satuan Acara Kegiatan

Kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk dari implementasi kurikulum adalah sebagai berikut:

Materi I: Kebijakan Bidang Kemahasiswaan

Topik: Kebijakan Pengembangan Bidang Kemahasiswaan dan LKMM

Pokok Bahasan
  1. Kebijakan bidang kemahasiswaan
  2. Organisasi kemahasiswaan
  3. Program dan kegiatan bidang kemahasiswaan
  4. LKMM
Capaian
Mahasiswa dapat menjelaskan kebijakan dan program kemahasiswaan

Metode: Ceramah. Tanya jawab

Durasi: 120 menit

Peralatan
  1. Sound system, Koneksi internet, notebook, proyektor LCD dan layar.
  2. Kertas dan materi pelatihan, 
  3. Lainnya, sesuai kondisi
Proses
  1. Pemandu memperkenalkan penceramah dalam bentuk pembacaan daftar riwayat hidup singkat.
  2. Pelaksanaan Ceramah.
  3. Tanya jawab, yang dapat diperluas dalam bentuk dimungkinkannya peserta untuk mengeluarkan pandangan/ pendapatnya.
  4. Wrap up/penarikan beberapa kesimpulan. 

Materi II: Wawasan Kebangsaan/Bela Negara

Topik: Multi Kultur; Membangun Integritas dan Kebijakan Ketahanan Bangsa.

Pokok Bahasan
1. Pengetahuan tentang kebhinekaan, toleransi, pemikiran moderat dan wawasan kebangsaan.
2. Pengetahuan tentang nilai kejujuran dan penerapannya dalam berorganisasi.
3. Membangun ketahanan bangsa.

Capaian
Mahasiswa dapat menjelaskan Wawasan Kebangsaan/Bela Negara

Metode: Ceramah, Diskusi Panel

Durasi: 180 menit

Peralatan
  1. Sound system, Notebook, proyektor LCD dan layar
  2. White board dan marker, Kertas, Makalah
  3. Lainnya, sesuai kondisi
Proses
  1. Pemandu memperkenalkan penceramah dalam bentuk pembacaan daftar riwayat hidup singkat.
  2. Pelaksanaan Ceramah.
  3. Tanya jawab, yang dapat diperluas dalam bentuk dimungkinkannya peserta untuk mengeluarkan pandangan / pendapatnya.
  4. Wrap up/penarikan beberapa kesimpulan. 

Materi III: Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Topik: Manajemen pengelolaan informasi komunikasi, dan masalah organisasi

Pokok Bahasan
Pengetahuan dasar teknologi informasi dan komunikasi
  1. Konsep Teknologi Informasi
  2. Perkembangan Teknologi Informasi
  3. Penjabaran 5 fungsi Teknologi Informasi komunikasi dalam organisasi (fungsi operasional, fungsi monitoring and control, fungsi planning and decision, fungsi communication, fungsi interorganizational)
  4. Contoh-contoh penerapan Teknologi Informasi komunikasi sederhana di organisasi
Pemanfaatan teknologi informasi komunikasi, dengan baik dan benar
  1. Etika dalam penggunaan Teknologi Informasi
  2. Teknologi Informasi komunikasi sebagai supporting tools
  3. Teknologi Informasi komunikasi sebagai strategic tools
  4. Contoh penerapan Teknologi Informasi komunikasi di perusahaan-perusahaan besar
  5. Analisis kebutuhan Teknologi Informasi bagi ormawa
Capaian
Mahasiswa mampu menerapkan perkembangan teknologi informasi komunikasi secara tepat untuk meningkatkan kinerja organisasi.

Metode: Ceramah, Simulasi dan Studi Kasus

Durasi: 120 menit

Peralatan
  1. Sound system, Notebook, proyektor LCD dan layar
  2. White board dan marker, Kertas, Makalah
  3. Lainnya, sesuai kondisi
Proses
  1. Pemandu memperkenalkan penceramah dalam bentuk pembacaan daftar riwayat hidup singkat.
  2. Pelaksanaan Ceramah.
  3. Tanya jawab, yang dapat diperluas dalam bentuk dimungkinkannya peserta untuk mengeluarkan pandangan / pendapatnya.
  4. Wrap up/penarikan beberapa kesimpulan. 

Materi IV: Berpikir Kritis Kreatif dan Inovatif dalam Berorganisasi

Topik: Kepemimpinan, Pengambilan Keputusan dan Komunikasi Efektif

Pokok Bahasan
  1. Nilai-nilai kepemimpinan dalam berorganisasi: 1)Tugas dan fungsi pemimpin; 2) Gaya kepemimpinan
  2. Proses pengambilan keputusan
  3. Teknik Penyampaian Pendapat: 1) Cara mengajukan pendapat dan cara mengajukan; pertanyaan;  2) Cara menganalisa dan mensintesa permasalahan serta membuat simpulan.
Capaian
Mahasiswa dapat melaksanakan berpikir kritis kreatif dan inovatif

Metode: Ceramah, Simulasi dan Tanya Jawab

Durasi: 240 menit

Peralatan
  1. Sound system, White board dan marker.
  2. Notebook, proyektor LCD dan layar, Kertas, Makalah
  3. Lainnya, sesuai kondisi
Proses
  1. Pemandu memperkenalkan penceramah dalam bentuk pembacaan daftar riwayat hidup singkat.
  2. Pelaksanaan Ceramah.
  3. Simulasi.
  4. Tanya jawab, yang dapat diperluas dalam bentuk dimungkinkannya peserta untuk mengeluarkan pandangan / pendapatnya.
  5. Wrap up/penarikan beberapa kesimpulan. 

Materi V: Organisasi Modern

Topik:
1. Organisasi sebagai sistem
2. Manajemen
3. Perangkat
4. Pengukuran Kinerja

Pokok Bahasan
Organisasi sebagai sistem
  1. Macam-macam bentuk kumpulan orang (kerumunan, kelompok, masyarakat/community, organisasi);
  2. Unsur-unsur organisasi: a. Tujuan; b. Struktur organisasi; c. Staff; Fungsi dan tugas; d. Tata kerja organisasi; dan e. Peralatan penunjang;
  3. Struktur organisasi dan tata kerja, job deskripsi, dan pertanggungjawaban.
  4. Pertumbuhan dan perkembangan organisasi: a. Ide dan gagasan besar; b. Mengajak orang lain untuk bergabung; c. Lahir; d . Tumbuh; e. Stabil; f. Krisis yang bisa kembali stabil dan bisa mundur; g. Sehat; h. Inovasi atau mati
  5. Lingkungan strategis organisasi.Kelengkapan Organisasi: a. Gagasan besar sebagai visi organisasi; b. Misi sebagai penjabaran visi; c. Visi dan Misi dan Kaitannya dengan AD/ART; d. Fungsi-fungsi manajemen; e. Kebijakan, program, dan kegiatan merupakan operasionalisasi dari AD/ART.
  6. Evaluasi kebijakan berdasarkan AD/ART
Kinerja Organisasi
  1. Kebijakan, Program, dan Kegiatan Organisasi;
  2. Output Kebijakan, Program, dan Kegiatan Organisasi Merupakan Kinerja Organisasi.
  3. Menilai kinerja organisasi dengan berbagai pendekatan.
  4. Cara menilai kinerja organisasi.
Capaian
Mahasiswa dapat menjelaskan hakekat organisasi dan kinerja organisasi

Metode: Ceramah, simulasi, Latihan dan Penugasan

Durasi: 180 menit

Peralatan
  1. Sound System, Notebook, proyektor LCD dan layar.
  2. White board dan marker, Kertas, Makalah
  3. Lainnya, sesuai kondisi
Proses
  1. Pemandu memperkenalkan penceramah dalam bentuk pembacaan daftar riwayat hidup singkat.
  2. Pelaksanaan Ceramah.
  3. Tanya jawab, yang dapat diperluas dalam bentuk dimungkinkannya peserta untuk mengeluarkan pandangan / pendapatnya.
  4. Wrap up/penarikan beberapa kesimpulan. 

Materi VI: Konsep SaHaBaT Sebagai Alat Analisis Organisasi

Topik:
1. Identifikasi Masalah Organisasi
2. Pemecahan Masalah Organisasi
3. Pengembangan Organisasi

Pokok Bahasan
  1. Ancaman, hambatan, tantangan, dan peluang organisasi
  2. Sumber ancaman, hambatan, tantangan, dan peluang organisasi yang berasal dari dalam organisasi;
  3. Sumber ancaman, hambatan, tantangan, dan peluang organisasi yang berasal dari luar.
Capaian
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah organisasi dan dapat mencari alternatif pemecahannya

Metode: Ceramah, Simulasi dan Penugasan

Durasi: 180 menit

Peralatan
  1. Sound System, Notebook, proyektor LCD dan layar.
  2. White board dan marker, Kertas, Makalah
  3. Lainnya, sesuai kondisi
Proses
  1. Pelaksanaan ceramah
  2. Simulasi
  3. Tanya jawab, yang dapat diperluas dalam bentuk dimungkinkannya peserta untuk mengeluarkan pandangan / pendapatnya.
  4. Tugas mandiri dan tugas kelompok.
  5. Wrap up/penarikan beberapa kesimpulan. 

Materi VII: Aplikasi Konsep SaHaBaT dalam Kasus Organisasi

Topik
1. Latihan Penyusunan Visi, Misi Ormawa
2. Analisis Masalah Organisasi
3. Rencana Pengembangan Organisasi
4. Evaluasi

Pokok Bahasan
Indikator kinerja:
  1. Manajemen organisasi; 
  2. Perangkat;
  3. SOP; 
  4. Output
Prosedur Pengukuran Kinerja.
  1. Penetapan indikator
  2. Pengumpulan data (langsung–wawancara, kuesioner, dan sekunder)
  3. Analisis data
  4. Laporan
Capaian
Mahasiswa dapat mengukur kinerja organisasi

Metode: Ceramah, Simulasi dan Latihan

Durasi: 360 menit

Peralatan
  1. Sound System, Notebook, proyektor LCD dan layar.
  2. White board dan marker, Kertas, Makalah
  3. Lainnya, sesuai kondisi
Proses: Perumusan Masalah Organisasi
  1. Pelaksanaan Ceramah.
  2. Simulasi.
  3. Tanya jawab, yang dapat diperluas dalam bentuk dimungkinkannya peserta untuk mengeluarkan pandangan / pendapatnya.
  4. Latihan kelompok.
  5. Wrap up/penarikan beberapa kesimpulan.

 Materi VIII: Rencana Pengembangan Organisasi

Topik:
1. Penyusunan RPO dan Evaluasi
2. Presentasi Laporan RPO

Pokok Bahasan
  1. Perumusan Masalah Organisasi dengan menggunakan analisis TALI-Kemitraan dan SaHaBaT;
  2. Pengembangan Alternatif Solusi melalui beberapa analisis pertumbuhan dan masalah suatu organsiasi serta kelebihan dan kelemahan dari masing-masing analisis pertumbuhan dan masalah organsiasi tersebut.
  3. Penyusunan Rencana Pengembangan Organisasi (RPO): Tujuan, Indikator Kinerja, dan Sistematika:
  • Isi pendahuluan;
  • Identifikasi masalah;
  • Maksud, tujuan dna manfaat RPO;
  • Indikator kinerja untuk Pengembangan Organsiasi jangka Pendek dan panjang;
  • Serta bentuk pengembangan organsiasi;
Capaian
Mahasiswa dapat menyusun dan memaparkan Rencana Pengembangan Organisasi

Metode: Ceramah, Penugasan dan Presentasi.

Durasi: 780 menit

Peralatan
  1. Sound System, Notebook, proyektor LCD dan layar.
  2. White board dan marker, Kertas, Makalah
  3. Lainnya, sesuai kondisi
Proses
  1. Pelaksanaan Ceramah.
  2. Tanya jawab, yang dapat diperluas dalam bentuk dimungkinkannya peserta untuk mengeluarkan pandangan / pendapatnya.
  3. Diskusi dan Kerja Kelompok
  4. Pemaparan Rencana Pengembangan Organisasi.

H. Contoh Jadwal Kegiatan

Kurikulum minimal ini memakan waktu 36 jam dengan contoh jadwal sebagai berikut.

Waktu
Kegiatan
Fasilitator
Durasi

Hari Pertama


08.00-10.00
Pendaftaran
Panitia

09.00-10.00
·         Persiapan pembukaan

 60'
10.00-10.30
·         Upacara Pembukaan
Dirjen/Direktur
 30'
10.30-12.00
·         Pre Test
·         Ice Breaking dan Perkenalan

 90'
12.00-13.00
Ishoma+Check-in
Panitia/Penginapan

13.00-14.00
Program dan kegiatan kemahasiswaan dan LKMM
Pemandu
 60'
14.00-17.00
Mitigasi Bencana/Wawasan Kebangsaan/Bela Negara/Anti Korupsi
BNPB, BNN, BNPT & KPK
 180'
17.00-19.00
Isoma


19.00-20.30
Literasi dan Teknologi Informasi dalam Organisasi Kemahasiswaan
Pemandu
 90'
20.30-22.00
Kepemimpinan
Pemandu
 90'
22.00-
Istirahat



Hari Kedua


05.00-06.00
Olahraga
Instruktur
60'
06.00-07.30
Sarapan dan Persiapan


07.30-09.30
Pengambilan Keputusan dan Komunikasi Efektif
Pemandu
 120'
09.30-12.00
Organisasi Modern
Pemandu
 150'
12.00-13.30
Ishoma




13.30-15.00
Alat Analisis Organisasi (Konsep SaHaBaT
Pemandu
 90'
15.00-15.30
Rehat


15.30-17.00
Aplikasi Konsep SaHaBaT dalam Kasus Organisasi
Pemandu
 90
17.00-19.00
Ishoma


19.00-21.30
Pengukuran Kinerja
Pemandu
 150'
21.30-22.00
Pengarahan Kerja Kelompok
Pemandu
 30'
22.00-
Istirahat + Kerja Kelompok Pengembangan Organisasi
Peserta
 p.m.

Hari Ketiga


05.00-06.00
Olahraga
Instruktur
60'
06.00-07.30
Sarapan dan Persiapan


08.00-11.00
Presentasi Rencana Pengembangan Organisasi
Peserta
 120'
11.00-11.30
Evaluasi, Penjelasan/tugas Pasca Kegiatan  dan Post test

 30'
11.30-12.00
Penutupan
Direktur




LKMM-TM Ambon 2019

LKMM-TM LLDikti7 2019

LKMM-TM Palu 2019

Panduan lengkap LKMM Tingkat Menengah 2015



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Perubahan Mendasar Kebijakan Bidang Kemahasiswaan

Semua kalangan pendidikan tinggi pasti tahu apa itu kampus merdeka dan merdeka belajar; salah satu episode kebijakan Mas Menteri Dikbud. Te...