Jumat, 24 Juli 2020

A & Q Webinar Tentang Pendidikan Kesehatan #07 Kebidanan


Kutipan pertanyaan:
Saya lulusan D3 Kebidanan ingin melanjutkan kuliah. Apakah saya harus ke S1 atau D4? Apakah kampus tempat kuliah menentukan (peluang mendapatkan) pekerjaan nantinya? (Anggy)


Jawaban:
Pada dasarnya pilihan apakah akan melanjutkan ke Sarjana (pendidikan akademik, "S1") atau Sarjana Terapan (pendidikan vokasi, "D4"), sama baiknya (level 6 KKNI). Hanya saja karena sebelumnya "D3" yang merupakan pendidikan vokasi maka pilihan lebih baik melanjutkan ke Sarjana Terapan karena sejenis. Namun saat ini baik Sarjana maupun Sarjana Terapan harus dilengkapi dengan pendidikan Profesi (level 7 KKNI) yang ditempuh selama 2-3 semester/60 minggu (36-44 SKS).

Untuk pilihan kampus yang dijadikan pedoman adalah status atau peringkat akreditasi program studinya. Pilihlah program studi dan institusi yang memiliki peringkat akreditasi minimal B. Untuk Sarjana Terapan "D4", saat ini banya diselenggarakan di Poltekes, sedangkan untuk Sarjana, "S1" lebih banyak di Stikes.
Pilihan kampus tentu saja berpengaruh terhadap kemudahan mendapatkan pekerjaan walaupun sifatnya relatif. Beberapa kampus memang populer di bidang atau profesi tertentu, namun yang penting kita memilih program studi minimal B.

Daftar penyelenggara program Sarjana/Sarjana Terapan Kebidanan dan Peringkat akreditasi dapat dilihat di https://www.banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi.php

Terima kasih

Entri yang Diunggulkan

Perubahan Mendasar Kebijakan Bidang Kemahasiswaan

Semua kalangan pendidikan tinggi pasti tahu apa itu kampus merdeka dan merdeka belajar; salah satu episode kebijakan Mas Menteri Dikbud. Te...