Selasa, 21 April 2020

Kontes Robot Indonesia (KRI)


Petunjuk Pelaksanaan KRI 2020

Laman KRI 

Kontes Robot Indonesia (KRI)

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, mulai mendanai, mengkoordinasikan dan bertanggungjawab menyelenggarakan Kontes Robot Indonesia (KRI) pada tahun 2003 yaitu KRI-5 yang diselenggarakan di Universitas Indonesia Jakarta yang diikuti oleh 34 tim perguruan tinggi.
Penanggungjawab di kementerian juga mengalami perubahan sejalan dengan reorganisasi, yaitu mulai tahun 2015 oleh Direktorat Kemahasiswaan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaa, dan mulai tahun 2020 dikoordinasikan oleh Pusat Prestasi Nasional Sekretariat Jenderal.
Mulai 2003, jumlah peserta dan divisi terus meningkat sampai menjadi seperti sekarang ini yang melombakan 5 (lima) divisi, yaitu:
  1. Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), 
  2. Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe beroda, 
  3. Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki, 
  4. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI).
  5. Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI),
Diselenggarakan di 5 Wilayah Tingkat Regional (bisa berkurang/berubah menyesuaikan dengan kondisi), yang mencakup:
  1. Regional 1 yang meliputi Wilayah Sumatera dan sekitarnya; 
  2. Regional 2 meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan sekitarnya; 
  3. Regional 3 meliputi Wilayah Jawa Tengah, DIY dan sekitarnya; 
  4. Regional 4 meliputi Jawa Timur dan sekitarnya, dan
  5. Regional 5 meliputi Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Papua 
KRI baik regional maupun nasional dilaksanakan bekerjasama dengan Perguruan Tinggi yang ditunjuk untuk pelaksanaan Kontes tingkat regional dan Kontes tingkat Nasional.
Para pemenang di tingkat regional akan mengikuti kontes tingkat nasional yang sebagian divisi Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional merupakan seleksi kontes tingkat internasional yaitu:
  1. ABU (Asia-Pasific Broadcasting Union) untuk KRAI,
  2. RoboCup untuk KRSBI, dan 
  3. RoboCon untuk Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI).
Para peserta kontes tingkat internasional adalah para pemenang di tiga divisi KRI tingkat nasional.

Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI)

Setiap tahun Indonesia mengikuti kontes robot tingkat Internasional ABU Robocon yang merupakan lomba yang diselenggarakan di negara yang ditunjuk oleh Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU). ABU adalah organisasi penyiaran di kawasan negara-negara Asia Pasifik yang beranggotakan lebih dari seratus stasiun televisi dan radio dari lima puluh Negara. Dalam hal ini Indonesia diwakili oleh Televisi Republik Indonesia sebagai anggota. 
Pemenang dari kelima Kontes Regional akan diundang untuk ikut serta dalam Kontes Nasional KRAI. Ketentuan pertandingan KRAI mengacu kepada aturan baku dari ABU Robocon, dimana setiap tim terdiri dari 3(tiga) orang mahasiswa dan 1(satu) orang dosen pembimbing, yang akan merancang, membuat, mengoperasikan dan mengatur strategi robot manual dan robot otomatis yang akan digunakan.
Pemenang Juara pertama kontes Nasional KRAI mewakili Indonesia dalam ABU Robocon.

Tujuan KRAI adalah: 
  1. Menumbuh-kembangkan dan meningkatkan kreatifitas mahasiswa di Perguruan Tinggi.
  2. Mengaplikasikan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ke dalam dunia nyata.
  3. Meningkatkan kepekaan mahasiswa dalam pengembangan bidang teknologi robotika.
  4. Membudayakan iklim kompetitif dilingkungan perguruan tinggi. 
  5. Menentukan tim terbaik dari lima wilayah sebagai wakil untuk mengikuti kontes robot nasional KRAI.
  6. Menentukan duta bangsa untuk mewakili Indonesia dalam ABU Robocon.

Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI)

Tim Robot Sepak Bola  Indonesia

Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) merupakan metaforfosis dari Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Robo Soccer Humanoid League (RSHL) yang terakhir kontes tahun 2012.
KRSBI adalah salah satu program kreativitas mahasiswa yang sangat strategis yang ke depannya didesain untuk dapat menjadi unggulan obyek penelitian dan edukasi rekayasa robotika tingkat dunia dengan kiblat langsung kepada komunitas yang sama di seluruh dunia. Kontes ini menjadi ajang kualifikasi nasional untuk mewakili Indonesia dalam RoboCup yang merupakan kompetisi robot sepakbola resmi tingkat dunia di bawah organisasi RoboCup (http://www.robocup.org), seperti organisasi FIFA dalam kejuaraan dunia sepakbola manusia.
Sejak tahun 2012 Indonesia mengirim wakilnya ke RoboCup 2012 di Mexico dan berhasil menempatkan timnya - EROS dari PENS yang menjadi juara nasional tahun 2011 - hingga babak 16 besar dan berada di urutan ke-12. Tahun 2013 dengan tim yg sama- EROS, setelah menjuarai tingkat nasional tahun 2012, berhasil meningkatkan prestasinya ke 8-besar dan menduduki peringkat ke-5 dunia. Di tahun 2014 RoboCup yang telah digelar di Brazil persis setelah final Piala Dunia 2014 kemarin Indonesia berhasil memperbaiki peringkatnya dengan menduduki posisi 4 besar melalui tim yang sama.

Sesuai dengan namanya: humanoid league, maka dalam divisi ini peserta diharuskan membuat robot humanoid, robot mirip manusia dengan tinggi antara 40 hingga 90 cm yang dapat bermain sepakbola seperti pada pertandingan sepakbola yang sangat populer di masyarakat.

Tujuannya adalah:
  1. Agar Mahasiswa Indonesia makin terpacu untuk berkarya dan berprestasi di tingkat dunia melalui ajang kreativitas kontes robot. 
  2. Sesuai dengan cita-cita organisasi ROBOCUP, yaitu bahwa pada tahun 2050 organisasi ini mampu mencetak tim sepakbola robot yang mampu melawan tim juara dunia sepakbola.
  3. Memberi dampak positif secara nasional agar mahasiswa dapat makin terpacu untuk berkreasi mengikuti perkembangan dunia robotika yang secara tidak langsung juga akan meningkatkan pemahaman dan penguasaan Iptek dan aplikasi robotika dalam dunia industri masa depan.

Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI)


Indonesia telah mengadakan beberapa kali Kontes Robot Indonesia (KRI), dimana pemenangnya sebagai wakil Indonesia untuk mengikuti kontes robot tingkat internasional yang diselenggarakan di beberapa negara Asia seperti Jepang, Thailand, Korea Selatan, Cina, Malaysia, Vietnam dan lain-lain. Bahkan salah satu peserta yang mewakili Indonesia pada tahun 2001 yaitu tim B-Cak dari PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) pernah memenangkan Juara Pertama pada Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU) Robocon yang diselenggarakan di Koriyama, Fukushima–Jepang.
Pada saat penyelenggaraan KRI Tahun 2003, dirasakan perlunya suatu jenis kontes robot serupa yang secara khusus memiliki kecerdasan buatan. Oleh karena itu, pada tahun 2004 diselenggarakanlah Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) untuk yang pertama kalinya guna mendorong peningkatan kualitas robot terutama pada sistem kontrolnya. Sejak tahun 2013, namanya sepakat diganti dengan Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI).

Untuk selanjutnya penyelenggaraan KRPAI diharapkan dapat berjalan secara paralel dan saling melengkapi dengan penyelenggaraan KRI dimasa-masa mendatang, sehingga diharapkan kemampuan robot yang akan ikut dalam kontes robot tersebut akan semakin meningkat secara tajam. Keberhasilan penyelenggaraan KRPAI selama ini dapat dibuktikan dengan perolehan medali emas dua kali untuk kategori Fire Fighting Robot Contest beroda dan berkaki pada Intelligent Fire-Fighting Robot Contest yang diselenggarakan di Trinity College, Hartford, Connecticut, Amerika Serikat.

Format aturan pertandingan dalam KRPAI dipilih dari aturan kontes robot sejenis yang telah diselenggarakan secara teratur yaitu Intelligent Fire-Fighting Robot Contest yang diselenggarakan di Trinity College, Hartford, Connecticut, Amerika Serikat.

Tujuan KRPAI adalah:
  1. Menumbuh kembangkan dan meningkatkan kreativitas mahasiswa di Perguruan Tinggi; 
  2. Mengaplikasikan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi kedalam dunia nyata; 
  3. Meningkatkan kepekaan mahasiswa dalam pengembangan bidang teknologi robotika; 
  4. Membudayakan iklim kompetisi dilingkungan perguruan tinggi; dan 
  5. Mendukung pengembangan dan penggunaan sistem kontrol yang lebih maju pada rancangan 

Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI)


Kontes Robot Seni Indonesia

Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) merupakan suatu ajang kompetisi perancangan dan pembuatan robot yang disertai dengan unsur-unsur seni dan budaya bangsa yang telah terkenal di bumi pertiwi. KRSI pertama kali diadakan pada tahun 2009 yang mengangkat tema ”Robot Penari Jaipong”, tahun 2010 dengan mengangkat tema ”Robot Penari Pendet” , tahun 2011 dengan mengangkat tema ”Robot Penari Kelono Topeng”dan tahun 2012 mengangkat tema “Robot Penari Piring”. Tema ditentukan oleh tuan rumah berkordinasi dengan Tim Pusat.
Setiap tim peserta yang terdiri atas 3(tiga) mahasiswa dengan seorang dosen pembimbing, diwajibkan untuk membuat satu robot untuk menampilkan seni budaya yang diinginkan sesuai tema kontes.

Tujuan KRSI adalah:
  1. Menumbuh-kembangkan dan meningkatkan kreativitas mahasiswa di Perguruan Tinggi.
  2. Mengaplikasikan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ke dalam dunia nyata.
  3. Meningkatkan kepekaan mahasiswa dalam pengembangan bidang teknologi robotika.
  4. Meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap seni budaya bangsa.
  5. Membudayakan iklim kompetitif di lingkungan perguruan tinggi.


Pelaksanaan

Pelaksanaan KRI sejak tahun 1993 adalah sebagai berikut.

  1. Tahun 1993 Indonesia Robot Contest (IRC) di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  2. Tahun 1999 Indonesia Robot Contest (IRC) di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  3. Tahun 2000 Indonesia Robot Contest (IRC) di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  4. Tahun 2002 Indonesia Robot Contest (IRC) di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  5. Tahun 2003 Kontes Robot Indonesia (KRI) di Universitas Indonesia
  6. Tahun 2004 Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRI-KRCI) di Universitas Indonesia
  7. Tahun 2005 Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRI-KRCI) di Universitas Indonesia
  8. Tahun 2006 Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRI-KRCI) di Universitas Indonesia
  9. Tahun 2007 Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRI-KRCI) di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  10. Tahun 2008 Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRI-KRCI) di Universitas Indonesia
  11. Tahun 2009 Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRI-KRCI-KRSI) di Universitas Gadjah Mada
  12. Tahun 2010 Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRI-KRCI-KRSI) di Universitas Muhammadiyah Malang
  13. Tahun 2011 Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRI-KRCI) di Universitas Gadjah Mada
  14. Tahun 2012 Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRI-KRCI) di Institut Teknologi Bandung
  15. Tahun 2013 Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRI-KRCI-KRSI-KRSBI) di Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  16. Tahun 2014 Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRI) di Universitas Negeri Yogyakarta
  17. Tahun 2015 Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRI) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  18. Tahun 2016 Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRI) di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  19. Tahun 2018 Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRI) di Universitas Pendidikan Indonesia
  20. Tahun 2019 Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRI) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Kontes Robot Indonesia Tahun 2015


Pelaksanaan KRI 2015 di UMY Yogyakarta

Rangkaian Kontes Robot Indonesia (KRI) 2015 tingkat nasional diselenggarakan di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), selama empat hari sejak Kamis (11/6) hingga Minggu (14/6), rangkaian perlombaan dari cabang Kontes Robot ABU (Asia-Pasific Broadcasting Union) Indonesia (KRAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) telah berhasil melahirkan juara-juara baru.

Berikut ini nama-nama pemenang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2015 tingkat nasional, berdasarkan Keputusan Dewan Juri Kontes Robot Indonesia,  yaitu:
Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI)
  1. Juara 1 DAGOMINTON, Institut Teknologi Bandung
  2. Juara 2 Barelang 5.5, Politeknik Negeri Batam
  3. Juara 3 INVICTO, Universitas Brawijaya
  4. Harapan IRTONAS’ 64, Politeknik Negeri Jember
  5. Desain Terbaik RINY, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  6. Strategi Terbaik IRTONAS’ 64, Politeknik Negeri Jember
Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Beroda
  1. Juara 1 BEATER 2.3, Universitas Sultan Agung Semarang
  2. Juara 2 Effiro, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  3. Juara 3 PLAYMAKER, Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
  4. Harapan MOBO-EVO, Universitas Negeri Yogyakarta
Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Berkaki
  1. Juara 1 Cyber Rimau, Universitas Sriwijaya
  2. Juara 2 MAKALAM 3.1, Sekolah Tinggi Ilmu Dinamika Bangsa
  3. Juara 3 YUDHISTIRA 3, Politeknik Negeri Bandung
  4. Harapan GARENG PUNK, Universitas Negeri Yogyakarta
  5. Desain Terbaik BEATER 2.3, Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  6. Algoritma Terbaik Eilero, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI)
  1. Juara 1 EROS, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  2. Juara 2 ICHIRO, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  3. Juara 3 R2C-R9, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  4. Harapan ALFAROBI, Universitas Gadjah Mada
  5. Inovasi Terbaik EROS, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI)
  1. Juara 1 ERISA, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  2. Juara 2 AZKA & AGRA, Universitas Brawijaya
  3. Juara 3 BEDAYA, Universitas Telkom
  4. Harapan Robusterra, Universitas Gadjah Mada
  5. Artistik Terbaik AZKA & AGRA, Universitas Brawijaya
 Piala Tetap Rektor UMY
  1.  Desain Terbaik PLAYMAKER, Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
  2. Strategi Terbaik BLUE DEEP, Universitas Budi Luhur
  3. Favorit ERISA, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Kontes Robot Indonesia Tahun 2016

Kontes Robot Indonesia (KRI) 2016 dilaksanakan pada tanggal 1-4 Juli 2016 dengan tuang rumah PENS Surabaya. Kontes dilaksanakan di Ballroom Supermall Surabaya Convention Center yang mengukuhkan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) sebagai juara umum.

Pembukaan KRI Nasional PENS 2016 oleh Dirjen Belmawa

KRI dibuka oleh Direktur Jenderal Belmawa dan ditutup oleh Direktur Kemahasiswaan. Kontes juga dihadiri oleh mantan Mendikbud Mohammad Nuh.

Adapun hasil KRI Nasional 2016 Surabaya adalah:

Robot ABU (KRAI)
  1. Juara I: Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  2. Juara II: Politeknik Negeri Jember
  3. Juara III: Universitas Telkom
  4. Juara Harapan: Universitas Negeri Jember
  5. Desain Terbaik: Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  6. Strategi Terbaik: Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Robot Seni Tari (KRSTI)
  1. Juara I: Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  2. Juara II: Universitas Negeri Surabaya
  3. Juara III: Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  4. Juara Harapan: Univ. Sam Ratulangi
  5. Desain Terbaik: Poltek Ujung Pandang

Robot Sepak Bola (KRSBI)
  1. Juara I: Polikenik Negeri Batam
  2. Juara II: Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  3. Juara III: Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  4. Juara Harapan: Universitas Kristen Satya Wacana
  5. Strategi Terbaik: Politeknik Batam
  6. Design Terbaik: Politeknik Batam

Robot Pemadam Api Berkaki (KRPAI K)
  1. Juara I: Universitas Muhammadiyah Malang
  2. Juara II: Universitas Gadjah Mada
  3. Juara III: Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  4. Juara Harapan: Universitas Negeri Surabaya
  5. Strategi Terbaik: Universitas Muhammadiyah Malang
  6. Design Terbaik: Universitas Gadjah Mada

Robot Pemadam Api Beroda (KRPAI R)
  1. Juara I: Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  2. Juara II: Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  3. Juara III: Universitas Sultan Agung Semarang
  4. Juara Harapan: Universitas Negeri Yogyakarta
  5. Strategi Terbaik: Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  6. Desain Terbaik: Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Kontes Robot Indonesia Tahun 2017

Kontes Robot Indonesia (KRI) 2017 Tingkat Nasional  diselenggarakan di Gymnasium Universitas Pendidikan Indonesia, pada tanggal 3-9 Juli 2017.
Penyelenggaraan KRI 2017 tingkat nasional telah melahirkan juara baru yang diluar dugaan para juri, pada saat KRI 2017 ini para juara tidak didominasi oleh universitas tertentu, melainkan muncul nama-nama dengan juara baru. 

Pembukaan KRI NasionalUPI  Bandung



Bagi juara pertama KRAI 2017 tingkat nasional mewakili Indonesia untuk bertanding di ajang internasional ABU Robocon pada tanggal 26-28 Agustus 2017 di OTA Gymnascium Center Tokyo, Jepang. Sedangkan pemenang tim KRPAI tingkat nasional dikirim sebagai delegasi Indonesia pada kontes sejenis di Trinity College Hardfort, Connecticut, Amerika Serikat.

Berikut daftar para juara Kontes Robot Indonesia 2017 tingkat nasional:

Kontes Robot Indonesia (KRAI):

  1. Juara 1 BRAHMANA (Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta), 
  2. Juara 2 ISOLA_229 (Universitas Pendidikan Indonesia), 
  3. Juara 3 C-GOTJA_MP (Politeknik Negeri Ujung Pandang), 
  4. Juara Harapan Blue Deep (Universitas Budi Luhur), 
  5. Desain Terbaik Pensae (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya), dan 
  6. Strategi Terbaik BRAHMANA (Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta).
Kontes Robot Pemadam Api Indonesia – Berkaki (KRPAI Berkaki): 
  1. Juara 1 Al-fatih (Universitas Gadjah Mada), 
  2. Juara 2 DOME (Universitas Muhammadiyah Malang), 
  3. Juara 3 EILERO (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya), 
  4. Juara Harapan D’ AVECENNA 1.7 (Universitas Islam Sultan Agung), 
  5. Desain Terbaik ABINARA-1 (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), dan 
  6. Algoritma Terbaik D’ AVECENNA 1.7 (Universitas Islam Sultan Agung).
Kontes Robot Sepak Bola Indonesia – Beroda (KRSBI Beroda): 
  1. Juara 1 GERHANA DEWARUCI (Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya), 
  2. Juara 2 R2C-WARRIOR (Universitas Kristen Satya Wacana), 
  3. Juara 3 ERSOW (Polteknik Elektronika Negeri Surabaya), 
  4. Juara Harapan SIPAK (Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung), 
  5. Desain Terbaik AL_JAZARI (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), dan 
  6. Inovasi Terbaik AL_JAZARI (Institut Teknologi Sepuluh Nopember).
Kontes Robot Sepak Bola – Humanoid (KRSBI Humanoid):
  1. Juara 1 Barelang FC (Politeknik Negeri Batam), 
  2. Juara 2 ICHIRO (Institut Teknologi Sepuluh Nopember), 
  3. Juara 3 EROS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya), 
  4. Juara Harapan Dago Hoogeschool (Institut Teknologi Bandung), dan 
  5. Inovasi Terbaik ICHIRO (Institut Teknologi Sepuluh Nopember).
Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI): 
  1. Juara 1 ROSEMERY (Universitas Negeri Yogyakarta), 
  2. Juara 2 ERISA (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya), 
  3. Juara 3 Alfan (Universitas Gadjah Mada), 
  4. Juara Harapan Adhira-Aruna (Universitas Brawijaya), dan 
  5. Desain Artistika Terbaik Alfan (Universitas Gadjah Mada).
Untuk Piala Bergilir Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI):
  • Barelang FC (Politeknik Negeri Batam), 
  • Kontes Robot ABU Robocon Indonesia (KRAI) kepada BRAHMANA (Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta), dan 
  • Juara Umum Kontes Robot Indonesia (KRI) diraih oleh Universitas Gadjah Mada.

Kontes Robot Indonesia Tahun 2018

Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional tahun 2018 dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), pada tanggal 10 – 13 Juli 2018.

Hasil lengkap kontes adalah sebagai berikut:

Kategori KRSBI

  1. Juara I, tim URT Roso, Universitas Islam Sultan Agung.
  2. Juara II, tim Iris, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
  3. Juara II, tim Mobo Evo, Universitas Negeri Yogyakarta.
  4. Juara Harapan, tim Sakera, Universitas Trunojoyo Madura.
  5. Juara Desain Terbaik, tim Mobo Evo, Universitas Negeri Yogyakarta.
  6. Juara Strategi Terbaik, tim URT Roso, Universitas Islam Sultan Agung.
Ketegori KRPAI Berkaki
  1. Juara I, tim Dome, Universitas Muhammadiyah Malang.
  2. Juara II, tim Abinara-1, Insitut Teknologi Sepuluh Nopember.
  3. Juara III, tim Eilero, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.
  4. Juara Harapan, tim Alfatih, Universitas Gadjah Mada.
  5. Juara Strategi Terbaik, tim Eilero, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.
  6. Juara Desain Terbaik, tim Abinara-1, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Kategori KRSBI Humanoid
  1. Juara I, tim Eros, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.
  2. Juaara II, tim Barelang, Politeknik Negeri Batam.
  3. Juara III, tim Dago Hegooschool, Institut Teknologi Bandung.
  4. Juara Desain Terbaik, tim Barelang, Politeknik Negeri Batam.
  5. Juara Strategi Terbaik, tim Barelang, Politeknik Negeri Batam.
Kategori KRSTI
  1. Juara I, tim Rossemary, Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. Juara II, tim Vi-Ros, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
  3. Juara III, tim Erisa, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.
  4. Juara Harapan, tim Azzahraly, Universitas Negeri Surabaya.
  5. Juara Artistik Terbaik, tim Azzahraly, Universitas Negeri Surabaya.
Kategori KRAI
  1. Juara I, tim River, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
  2. Juara II, tim Barelang 578, Politeknik Negeri Batam.
  3. Juara III, tim Eltoro, Universitas Dian Nuswantoro.
  4. Juara Harapan, tim Elforza 18, Politeknik Negeri Jakarta.
  5. Juara Strategi Terbaik, tim River, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
  6. Juara Desain Terbaik, tim Eltoro, Universitas Dian Nuswantoro.
Peraih Piala Bergilir
  • Piala Bergilir KRAI, tim River, Institut Teknologi Sepuluh Nopember,
  • Piala Bergilir KRSBI, tim Eros, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan
  • Piala Bergilir Juara Umum, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Tim ITS, juara Umum KRINasional 2018


KRI Tingkat Nasional 2019

Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Nasional diselenggarakan pada tanggal 20-23 Juni 2019, bertindak sebagai penyelenggara adalah Universitas Dian Nuswantoro.


Venues KRINasional 2019 Udinus
Hasil kontes tahun 2019 adalah sebagai berikut:


KONTES ROBOT ABU INDONESIA (KRAI)

  1. Juara 1 : GARUDAGO (Institut Teknologi Bandung)
  2. Juara 2 : MAESTRO EVO (Universitas Negeri Yogyakarta)
  3. Juara 3 : RISMA (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
  4. Juara Harapan : URT-RUNTHEWAY (Universitas Islam Sultan Agung Semarang)
  5. Desain Terbaik : E11_TORO (Universitas Dian Nuswantoro)
  6. Strategi Terbaik : GARUDAGO (Institut Teknologi Bandung)

KONTES ROBOT PEMADAM API INDONESIA – BERKAKI (KRPAI BERKAKI)

  1. Juara 1 : DOME (Universitas Muhammadiyah Malang)
  2. Juara 2 : EILERO (Poilteknik Elektronika Negeri Surabaya)
  3. Juara 3 : EWS ANDROMEDA (Universitas Diponegoro)
  4. Juara Harapan : DEWAYANI (Universitas Negeri Surabaya)
  5. Desain Terbaik : MR COOL MK8 (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
  6. Strategi Terbaik : DOME (Universitas Muhammadiyah Malang)
KRPAI-2019-ITB


KONTES ROBOT SEPAK BOLA INDONESIA – BERODA (KRSBI BERODA)
  1. Juara 1 : IRIS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
  2. Juara 2 : GERHANA DEWARUCI (Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya)
  3. Juara 3 : ERSOW (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
  4. Juara Harapan : DAGOZILLA (Institut Teknologi Bandung)
  5. Desain Terbaik : IRIS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
  6. Strategi Terbaik : IRIS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

KONTES ROBOT SEPAK BOLA INDONESIA – HUMANOID (KRSBI HUMANOID)

  1. Juara 1 : BARELANG FC (Politeknik Negeri Batam)
  2. Juara 2 : EROS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
  3. Juara 3 : Krakatau FC (Universitas Teknokrat Indonesia)
  4. Juara Harapan : AL-‘AADIYAAT (Universitas Negeri Yogyakarta)
  5. Desain Terbaik : Krakatau FC (Universitas Teknokrat Indonesia)
  6. Strategi Terbaik : EROS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
KRI Humanoid Teknokrat


KONTES ROBOT TEMATIK INDONESIA (KRTMI)
  1. Juara 1 : TANOKER_IR64 (Politeknik Negeri Jember)
  2. Juara 2 : ABHINAYA (Universitas Negeri Yogyakarta)
  3. Juara 3 : PAGGALUNG_MP (Politeknik Negeri Ujung Pandang)
  4. Juara Harapan : EURO_01 (Universitas Bhayangkara Surabaya)
  5. Desain Terbaik: PAGGALUNG_MP (Politeknik Negeri Ujung Pandang)
  6. Strategi Terbaik : TANOKER_IR64 (Politeknik Negeri Jember)

KONTES ROBOT SENI TARI INDONESIA (KRSTI)

  1. Juara 1 : VI-ROSE (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
  2. Juara 2 : LANANGE JAGAD (Universitas Ahmad Dahlan)
  3. Juara 3 : RATARO 04 (Universitas Tadulako)
  4. Juara Harapan : ERISA (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya)
  5. Desain dan Artistik Terbaik : VI-ROSE (Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
JUARA UMUM
Institut Teknologi Sepuluh Nopember




Entri yang Diunggulkan

Perubahan Mendasar Kebijakan Bidang Kemahasiswaan

Semua kalangan pendidikan tinggi pasti tahu apa itu kampus merdeka dan merdeka belajar; salah satu episode kebijakan Mas Menteri Dikbud. Te...