PENDAHULUAN
Pengembangan kemahasiswaan adalah suatu
upaya yang dilakukan dengan penuh kesadaran, berencana, teratur, terarah, dan
bertanggung jawab untuk mengembangkan sikap, kepribadian, pengetahuan dan
keterampilan mahasiswa dalam mendukung kegiatan kurikuler untuk mencapai tujuan
pendidikan nasional.
Salah satu bentuk upaya atau pengembangan tersebut adalah
pemberian bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam manajemen organisasi
mahasiswa baik intra maupun antarperguruan tinggi yang diberi nama Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa
(LKMM).
Saat
ini terdapat empat jenis LKMM, yaitu LKMM Pra-Dasar, Dasar, Menengah dan
Lanjut. LKMM Pra-Dasar berdurasi 10 Jam untuk membekali mahasiswa baru dengan keterampilan dasar dalam
berkomunikasi, mengenal potensi diri, mengembangkan sifat kritis dan
memposisikan diri secara efektif dalam organisasi kemahasiswaan. LKMM
Dasar berdurasi 20 Jam
untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan menyelenggarakan
kegiatan kemahasiswaan dengan perencanaan dan sistematika yang baik.
Sedangkan
LKMM Tingkat Menengah berdurasi 30 Jam yang terdiri atas 5 Materi atau bahan kajian untuk membekali mahasiswa dengan wawasan dan keterampilan
mengkoordinasi dan membina tim kerja dalam suatu kelembagaan, sedangkan Tingkat
Lanjut di sebut pula Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Kader Bangsa berdurasi 32
Jam bertujuan membekali mahasiswa dengan wawasan dan keterampilan mengelola
opini publik (wacana).
LKMM tingkat Menengah ini diperuntukkan bagi para mahasiswa semester III yang perlu dibekali dengan berbagai kesiapan dalam
menghadapi semester-semester berikutnya yang lebih berat dengan tugas-tugas
intra, ko dan ekstra kurikuler, yang harus didukung dengan kedisiplinan,
manajemen diri dan kelompok, pengambilan keputusan, dan
kemampuan mengungkap gagasan agar dapat lebih berprestasi di banyak bidang dan dapat
menyelesaikan studi secara tepat waktu.
Dengan bekal yang diberikan di dalam LKMM diharapkan mahasiswa
sebagai insan dewasa tidak hanya menjadi pemimpin yang baik, tetapi juga yang
mempunyai kemampuan teknis yang sesuai dengan tuntutan pembangunan dan masyarakat
di masa mendatang.
DASAR
- Undang Undang Negera Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Undang Undang Negera Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
- Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
TUJUAN
LKMM bertujuan membekali mahasiswa dengan kemampuan memimpin
dengan cara memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan kemampuan
manajerial. Secara khusus tujuan tersebut di atas dapat di jabarkan sebagai
berikut:
- Mahasiswa memiliki keterampilan manajerial yang sepadan dengan tingkat tanggung jawabnya masing-masing.
- Mahasiswa memiliki rasa tanggung jawab, sikap mandiri, dan jiwa kewirausahaan karena kemampuannya berorganisasi.
- Mahasiswa memiliki dan mampu mengembangkan sikap yang berorientasi pada prestasi dan pencapaian hasil yang sebaik mungkin.
- Mahasiswa mampu menerapkan dan mengembangkan kemampuannya untuk berpikir secara ilmiah dalam praktek berorganisasi.
- Mahasiswa mampu menerapkan kesadaran berbangsa dan bernegara serta rasa cinta tanah air.
JENIS LKMM DAN KURIKULUM MINIMAL
Pelaksanaan LKMM dilakukan secara berjenjang menggunakan sistem
penahapan sebagai berikut.
1. Tingkat Pradasar
Tujuan LKMM Tingkat Pradasar adalah
membekali mahasiswa baru dengan keterampilan dasar dalam berkomunikasi,
mengenal potensi diri, mengembangkan sifat kritis dan memposisikan diri secara
efektif dalam organisasi kemahasiswaan. Adapun kurikulum minimal yang
ditentukan adalah sebagai berikut.
Tabel 1. Kurikulum
Minimal LKMM Tingkat Pradasar
No
|
Materi
|
Topik
|
Metode
|
Waktu (Jam)
|
1.
|
Sifat kritis
|
1. Persepsi
2. Kesalahan-kesalahan
berpikir
|
Eksperimen
Latihan
|
2
2
|
2.
|
Ketrampilan
Berkomunikasi
|
1. Mendengar aktif
2. Berbicara efektif
|
Latihan
Latihan
|
1,5
1,5
|
3.
|
Pola Pikir Prestatif
|
1. Dasar konsep AKU
2. Sasaran, Risiko,
dan Konsekuensi
|
Ceramah/Eksperimen
Ceramah/Eksperimen
|
1
2
|
4.
|
Pengenalan dan Penembangan Diri
|
1. Pengenalan diri
2. Pengembangan diri
|
Ceramah
Latihan
Eksperimen
|
1
1
2
|
Jumlah
|
14
|
2. Tingkat Dasar
Tujuan LKMM Tingkat Dasar adalah
membekali mahasiswa dengan keterampilan menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaan
dengan perencanaan dan sistematika yang baik, dengan kurikulum minimal sebagai
berikut.
Tabel 2. Kurikulum
Minimal LKMM Tingkat Dasar
No
|
Materi
|
Topik
|
Metode
|
Waktu (Jam)
|
1.
|
Perumusan gagasan awal
|
1. Analisis kondisi
lingkungan
2. Perumusan gagasan
awal
|
Latihan/penugasan
|
2
2
|
2.
|
Penjabaran rencana kerja dan
kepanitiaan
|
1. Tolok ukur
keberhasilan
2. Perencanaan
jadwal kerja
3. Dasar-dasar
organisasi
4. Pengorganisasian
kegiatan/ kepanitiaan
5. Komunikasi antar
unit kerja
6. Penjabaran
gagasan awal
|
Ceramah & Latihan
Ceramah & Latihan
Ceramah
Latihan/eksperimen
Eksperimen
Penugasan
|
1
2
1
2
2
1
|
3.
|
Administrasi
|
1. Administrasi
kesekretariatan
2. Administrasi
keuangan
|
Ceramah
Ceramah
|
1
1
|
4.
|
Pengendaliam motivasi
|
1. Hakikat motivasi
2. Pengambilan
keputusan
3. Pengendalian
konflik
|
Ceramah
Latihan
Eksperimen
|
1
2
2
|
5.
|
Pengembangan program kerja
|
1. Teknik penyusunan
usulan kegiatan
2. Penyempurnaan
usulan kegiatan
|
Ceramah
Penugasan
|
1
1
|
Jumlah
|
22
|
3. Tingkat Menengah
Tujuan LKMM Tingkat Menengah adalah
membekali mahasiswa dengan wawasan dan keterampilan mengkoordinasi dan membina
tim kerja dalam suatu kelembagaan dengan kurikulum minimal sebagai berikut.
Tabel 3. Kurikulum
Minimal LKMM Tingkat Menengah
No
|
Materi
|
Topik
|
Metode
|
Waktu (Jam)
|
1.
|
Kebijakan Bidang Kemahasiswaan
|
1. Polbangmawa
2. LKMM
|
Ceramah
|
2
|
2.
|
Perkembangan Teknologi
Informasi dan Kemahasiswaan
|
Manajemen pengelolaan
informasi dan masalah organisasi
|
Ceramah
|
2
|
3.
|
Berpikir Ilmiah dalam
Berorganisasi
|
1. Kepemimpinan
2. Pengambilan
Keputusan
3. Diskusi
Ilmiah
|
Ceramah, Simulasi dan Tanya
Jawab
|
6
|
4.
|
Hakikat Organisasi
|
1. Organ. sebagai sub
sistem
2. Asas-asas
manajemen
3. Perangkat organisasi
4. Penentuan
kinerja organ.
|
· Ceramah,
simulasi
· Latihan
dan Penugasan
|
2
|
5.
|
Klasifikasi masalah Organisasi
|
1. Identifikasi
masalah organ.
2. Pemecahan
masalah organ.
|
Simulasi, Ceramah
|
2
|
6.
|
Pengukuran Kinerja Organisasi
|
1. Model-model
pengukuran kinerja organisasi
2. Analisis
SWOT
|
Ceramah,
Simulasi
|
2
|
7.
|
Kunjungan Lapangan
|
1. Manajemen
Organisasi
2. Pemecahan
masalah organ.
|
Dialog langsung dengan
Narasumber
|
6
|
8.
|
Rencana Pengembangan Organisasi
|
1 1. Perumusan masalah organ.
2.Pengemb. alternatif
solusi
3. Penyusunan rencana
pengembangan organisasi (tujuan dan indikator kinerja)
|
Ceramah, Simulasi dan Penugasan
|
8
|
Jumlah
|
30
|
4. Tingkat Lanjut
LKMM Tingkat Lanjut di sebut pula
Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Kader Bangsa yang bertujuan membekali
mahasiswa dengan wawasan dan keterampilan mengelola opini publik (wacana).
Adapun kurikulum minimalnya adalah sebagai berikut.
Tabel 4. Kurikulum
Minimal LKMM Tingkat Lanjut
No
|
Materi
|
Topik
|
Metode
|
Waktu (Jam)
|
1.
|
Nasionalisme
dan globalisasi
|
1. Sejarah perkemb. bangsa-bangsa
2. Interdependensi dan pembagian peran
3. Heterogenitas dan kemungkinan
konflik horizontal
4. Mutual trust
|
Tugas
mandiri, Kerja kelompok
Diskusi
pleno dan ulasan pakar rujuk
|
3
|
2.
|
Nilai dan
visi masa depan
|
1. Demokrasi
2. Humanitas
3. Hak asasi manusia
|
Kerja
mandiri,
Diskusi
dan ulasan pakar rujuk
|
4
|
3.
|
Indicator
kesejahteraan
|
1. Ekonomi
2. Pendidikan
3. Kesehatan
|
Kerja
mandiri,
Diskusi
dan ulasan pakar rujuk
|
3
|
4.
|
System
swabina
|
1. Pengertian sistem
2. Ciri-ciri sistem
3. Pengembangan sistem
|
Ceramah,
Kerja mandiri dan Diskusi
|
2
|
5.
|
Analisis
dan diagnosis situasi
|
1. Jenis & sumber data/informasi
2. Analisis data
3. Diagnosis
|
Kerja
mandiri,
Kunjungan
lapangan & Diskusi
|
12
|
6.
|
Manajemen
wacana public
|
1. Analisis wacana
2. Struktur wacana
3. Strategi sosialisasi wacana
|
Ceramah,
Kerja kelompok dan Diskusi pleno
|
12
|
Jumlah
|
36
|
PELAKSANAAN LKMM TINGKAT MENENGAH
A. PengantarLatihan Keterampilan Manajemen Tingkat Menengah, sesuai dengan jenjang dan sifatnya hanya terdiri atas 2 (dua) materi, yaitu (1) Materi Pengembangan Wawasan yang berisi 4 (empat) topik dan, (2) Materi Pengembangan Sikap dan Keterampilan yang berisi 5 (lima) topik kegiatan. Kelima kegiatan dalam materi pengembangan sikap dan keterampilan ini terdiri atas topik Berpikir Kritis Kreatif dan Inovatif dalam Berorganisasi, Organisasi Modern, Konsep SaHaBaT Sebagai Alat Analisis Organisasi, Aplikasi Konsep SaHaBaT dalam Kasus Organisasi, dan Rencana Pengembangan Organisasi
Kurikulum ini bersifat minimal yang tentu saja masih dapat dikembangkan sesuai dengan kemampuan perguruan tinggi (wilayah) penyelenggara. Pengembangan materi diharapkan tetap pada fokus peningkatan kemampuan mahasiswa dalam “Manajemen Organisasi”.
B. Tujuan
Tujuan LKMM Tingkat Menengah adalah membekali mahasiswa dengan wawasan, sikap keterampilan untuk mengkoordinasi dan membina tim kerja dalam suatu kelembagaan. Sesuai dengan tujuan tersebut, maka mahasiswa yang menyelesaikan LKMM Tingkat Menengah diharapkan:
- Memiliki wawasan tentang kondisi lingkungan yang Dianalisis, sehingga dapat diungkapkan tantangan pengembangan lingkungan dan kebutuhan adanya suatu organisasi untuk mewujudkan tantangan tersebut.
- Mampu melakukan analisis Mitra Strategis organisasi dan menetapkan sasaran-sasaran organisasi.
- Mampu menjabarkan visi, misi, dan nilai dari lembaga yang dirancangnya dalam program-program kerja yang mempunyai sasaran yang realistik sesuai dengan kondisi “Here and Now”;
- Mampu berdiskusi/bertukar pikiran bekerjasama dalam kelompok dengan sikap ilmiah;
- Mampu menganalisis kekuatan dan kelemahan lembaga/organisasi yang dipimpinnya, serta mampu mengantisipasi berbagai hambatan maupun bantuan yang ada dalam usaha merealisasikan program kerja yang telah disusun;
- Mampu merumuskan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh organisasi yang dipimpinnya dan mampu mentransformasi masalah yang dihadapi organisasi menjadi target yang harus dicapai dalam rangka pemecahan masalah itu;
- Mampu mengimplementasikan keputusan yang telah diambil atau dengan kata lain mampu mengkoordinasi kerja kelompok untuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan.
a. Persyaratan
Peserta pelatihan adalah para mahasiswa di lingkungan perguruan tinggi, dengan persyaratan sebagai berikut:
- Pernah mengikuti LKMM tingkat dasar atau pelatihan setara.
- Masih terdaftar dan aktif di perguruan tinggi (semester III – V).
- Aktif sebagai pengurus organisasi mahasiswa di perguruan tinggi.
- IPK minimal 2,75 (skala empat)
- Mengirim Biodata (CV)
- Melampirkan surat rekomendasi dari pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan.
- Bersedia mengenakan jaket almamater dan menaati tata tertib dan ketentuan pada saat penyelenggaraan.
Agar proses pelatihan efektif, maka jumlah peserta maksimal 40 orang di setiap kelas.
D. Fasilitator
Dalam kegiatan LKMM Tingkat Menengah, pemateri terdiri atas pemandu dan penceramah dengan ketentuan:
- Pemandu berfungsi sebagai pembimbing dan manajer, tidak menggurui atau memberikan ceramah dalam pelatihan;
- Pemandu bertanggung jawab untuk mengikuti seluruh kegiatan dari awal hingga akhir;
- Pemandu adalah dosen yang telah mengikuti Pelatihan ToT LKMM, yang diadakan oleh Ditjen Dikti,
- Pemandu adalah dosen yang ditunjuk oleh Ditjen Dikti dan pimpinan PT;
- Penceramah adalah seorang yang diminta Ditjen Dikti dan/atau perguruan tinggi untuk memberikan uraian/penjelasan suatu topik yang merupakan bidang kompetensinya.
a. Organisasi dan Tata Kelola Pelaksana
- Panitia minimal terdiri atas Penanggungjawab, Ketua, Sekretaris, dan Bendahara;
- Pemateri terdiri atas Penceramah dan Pemandu;
- Untuk tiap rombongan belajar panitia mengundang maksimum 40 (empat puluh) orang dari beberapa perguruan tinggi;
- Untuk setiap pelaksanaan LKMM dimungkinkan adanya lebih dari 1 (satu) rombongan belajar.
- LKMM diselenggarakan di tempat yang memiliki ruang sidang kapasitas minimum 40 (empat puluh) orang yang dilengkapi pengatur udara, jaringan internet wifi minimun 20 Mbps dan tata suara, serta penginapan;
- Pemandu LKMM telah mengikuti ToT LKMM yang dilaksanakan oleh Ditjen Dikti;
- Jumlah yang diikutsertakan paling banyak 40 (empat puluh) orang, yang terdiri atas mahasiswa yang aktif dalam berbagai organisasi kemahasiswaan, maupun unit kegiatan mahasiswa tingkat perguruan tinggi melalui seleksi.
- LKMM dapat diselenggarakan oleh Ditjen Dikti atau LLDIKTI/Perguruan Tinggi setelah mendapat persetujuan dari Ditjen Dikti.
Sertifikat LKMM diberikan kepada peserta yang mengikuti kegiatan secara penuh dan telah menyelesaikan seluruh tugas yang diberikan selama dan pasca pelatihan.
F. Materi, Topik dan Metode
Untuk membekali para mahasiswa agar memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan yang telah disebut di atas, maka materi yang diberikan dalam LKMM tingkat Menengah terdiri atas dua materi utama yang dibagi dalam beberapa topik dan metode, serta waktu atau durasi setiap topik seperti uraian sebagai berikut:
a. Materi Pengembangan Wawasan
- Materi ini diisi dengan rangkaian ceramah yang bertujuan untuk mengembangkan wawasan para peserta, yang topik-topiknya disesuaikan dengan kondisi terkini secara kontektual dengan metode Ceramah dan Diskusi.
- Ceramah-ceramah terutama untuk memberikan informasi-informasi kepada peserta dalam rangka perluasan wawasan, dengan memperhatikan kekhususan kondisi yang ada di berbagai perguruan tinggi penyelenggara.
- Topik-topik yang diberikan meliputi Kebijakan Kemahasiswaan, Kepemimpinan, Etika Diskusi Ilmiah, Wawasan Kebangsaan/Bela Negara.
- Materi ini diisi dengan kegiatan untuk mengembangkan sikap ilmiah (agar mampu bersikap obyektif dalam melakukan diskusi untuk mengumpulkan informasi dan merumuskan masalah), dan latihan-latihan yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan peserta dan mengambil keputusan, serta mengkoordinasikan kerja kelompok dalam perencanaan pengembangan organisasi.
- Topik-topik materi mencakup kegiatan-kegiatan untuk membangun Sikap dan Keterampilan dengan urutan sebagai berikut:
- Topik Berpikir Kritis Kreatif dan Inovatif dalam Berorganisasi
- Organisasi Modern
- Konsep SaHaBaT Sebagai Alat Analisis Organisasi
- Aplikasi Konsep SaHaBaT dalam Kasus Organisasi,
- Rencana Pengembangan Organisasi
G. Satuan Acara Kegiatan
Kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk dari implementasi kurikulum adalah sebagai berikut:
Materi I: Kebijakan Bidang Kemahasiswaan
Topik: Kebijakan Pengembangan Bidang Kemahasiswaan dan LKMM
Pokok Bahasan
- Kebijakan bidang kemahasiswaan
- Organisasi kemahasiswaan
- Program dan kegiatan bidang kemahasiswaan
- LKMM
Mahasiswa dapat menjelaskan kebijakan dan program kemahasiswaan
Metode: Ceramah. Tanya jawab
Durasi: 120 menit
Peralatan
- Sound system, Koneksi internet, notebook, proyektor LCD dan layar.
- Kertas dan materi pelatihan,
- Lainnya, sesuai kondisi
- Pemandu memperkenalkan penceramah dalam bentuk pembacaan daftar riwayat hidup singkat.
- Pelaksanaan Ceramah.
- Tanya jawab, yang dapat diperluas dalam bentuk dimungkinkannya peserta untuk mengeluarkan pandangan/ pendapatnya.
- Wrap up/penarikan beberapa kesimpulan.
Materi II: Wawasan Kebangsaan/Bela Negara
Topik: Multi Kultur; Membangun Integritas dan Kebijakan Ketahanan Bangsa.
Pokok Bahasan
1. Pengetahuan tentang kebhinekaan, toleransi, pemikiran moderat dan wawasan kebangsaan.
2. Pengetahuan tentang nilai kejujuran dan penerapannya dalam berorganisasi.
3. Membangun ketahanan bangsa.
Capaian
Mahasiswa dapat menjelaskan Wawasan Kebangsaan/Bela Negara
Metode: Ceramah, Diskusi Panel
Durasi: 180 menit
Peralatan
- Sound system, Notebook, proyektor LCD dan layar
- White board dan marker, Kertas, Makalah
- Lainnya, sesuai kondisi
- Pemandu memperkenalkan penceramah dalam bentuk pembacaan daftar riwayat hidup singkat.
- Pelaksanaan Ceramah.
- Tanya jawab, yang dapat diperluas dalam bentuk dimungkinkannya peserta untuk mengeluarkan pandangan / pendapatnya.
- Wrap up/penarikan beberapa kesimpulan.
Materi III: Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Topik: Manajemen pengelolaan informasi komunikasi, dan masalah organisasi
Pokok Bahasan
Pengetahuan dasar teknologi informasi dan komunikasi
- Konsep Teknologi Informasi
- Perkembangan Teknologi Informasi
- Penjabaran 5 fungsi Teknologi Informasi komunikasi dalam organisasi (fungsi operasional, fungsi monitoring and control, fungsi planning and decision, fungsi communication, fungsi interorganizational)
- Contoh-contoh penerapan Teknologi Informasi komunikasi sederhana di organisasi
- Etika dalam penggunaan Teknologi Informasi
- Teknologi Informasi komunikasi sebagai supporting tools
- Teknologi Informasi komunikasi sebagai strategic tools
- Contoh penerapan Teknologi Informasi komunikasi di perusahaan-perusahaan besar
- Analisis kebutuhan Teknologi Informasi bagi ormawa
Mahasiswa mampu menerapkan perkembangan teknologi informasi komunikasi secara tepat untuk meningkatkan kinerja organisasi.
Metode: Ceramah, Simulasi dan Studi Kasus
Durasi: 120 menit
Peralatan
- Sound system, Notebook, proyektor LCD dan layar
- White board dan marker, Kertas, Makalah
- Lainnya, sesuai kondisi
- Pemandu memperkenalkan penceramah dalam bentuk pembacaan daftar riwayat hidup singkat.
- Pelaksanaan Ceramah.
- Tanya jawab, yang dapat diperluas dalam bentuk dimungkinkannya peserta untuk mengeluarkan pandangan / pendapatnya.
- Wrap up/penarikan beberapa kesimpulan.
Materi IV: Berpikir Kritis Kreatif dan Inovatif dalam Berorganisasi
Topik: Kepemimpinan, Pengambilan Keputusan dan Komunikasi Efektif
Pokok Bahasan
- Nilai-nilai kepemimpinan dalam berorganisasi: 1)Tugas dan fungsi pemimpin; 2) Gaya kepemimpinan
- Proses pengambilan keputusan
- Teknik Penyampaian Pendapat: 1) Cara mengajukan pendapat dan cara mengajukan; pertanyaan; 2) Cara menganalisa dan mensintesa permasalahan serta membuat simpulan.
Mahasiswa dapat melaksanakan berpikir kritis kreatif dan inovatif
Metode: Ceramah, Simulasi dan Tanya Jawab
Durasi: 240 menit
Peralatan
- Sound system, White board dan marker.
- Notebook, proyektor LCD dan layar, Kertas, Makalah
- Lainnya, sesuai kondisi
- Pemandu memperkenalkan penceramah dalam bentuk pembacaan daftar riwayat hidup singkat.
- Pelaksanaan Ceramah.
- Simulasi.
- Tanya jawab, yang dapat diperluas dalam bentuk dimungkinkannya peserta untuk mengeluarkan pandangan / pendapatnya.
- Wrap up/penarikan beberapa kesimpulan.
Materi V: Organisasi Modern
Topik:
1. Organisasi sebagai sistem
2. Manajemen
3. Perangkat
4. Pengukuran Kinerja
Pokok Bahasan
Organisasi sebagai sistem
- Macam-macam bentuk kumpulan orang (kerumunan, kelompok, masyarakat/community, organisasi);
- Unsur-unsur organisasi: a. Tujuan; b. Struktur organisasi; c. Staff; Fungsi dan tugas; d. Tata kerja organisasi; dan e. Peralatan penunjang;
- Struktur organisasi dan tata kerja, job deskripsi, dan pertanggungjawaban.
- Pertumbuhan dan perkembangan organisasi: a. Ide dan gagasan besar; b. Mengajak orang lain untuk bergabung; c. Lahir; d . Tumbuh; e. Stabil; f. Krisis yang bisa kembali stabil dan bisa mundur; g. Sehat; h. Inovasi atau mati
- Lingkungan strategis organisasi.Kelengkapan Organisasi: a. Gagasan besar sebagai visi organisasi; b. Misi sebagai penjabaran visi; c. Visi dan Misi dan Kaitannya dengan AD/ART; d. Fungsi-fungsi manajemen; e. Kebijakan, program, dan kegiatan merupakan operasionalisasi dari AD/ART.
- Evaluasi kebijakan berdasarkan AD/ART
- Kebijakan, Program, dan Kegiatan Organisasi;
- Output Kebijakan, Program, dan Kegiatan Organisasi Merupakan Kinerja Organisasi.
- Menilai kinerja organisasi dengan berbagai pendekatan.
- Cara menilai kinerja organisasi.
Mahasiswa dapat menjelaskan hakekat organisasi dan kinerja organisasi
Metode: Ceramah, simulasi, Latihan dan Penugasan
Durasi: 180 menit
Peralatan
- Sound System, Notebook, proyektor LCD dan layar.
- White board dan marker, Kertas, Makalah
- Lainnya, sesuai kondisi
- Pemandu memperkenalkan penceramah dalam bentuk pembacaan daftar riwayat hidup singkat.
- Pelaksanaan Ceramah.
- Tanya jawab, yang dapat diperluas dalam bentuk dimungkinkannya peserta untuk mengeluarkan pandangan / pendapatnya.
- Wrap up/penarikan beberapa kesimpulan.
Materi VI: Konsep SaHaBaT Sebagai Alat Analisis Organisasi
Topik:
1. Identifikasi Masalah Organisasi
2. Pemecahan Masalah Organisasi
3. Pengembangan Organisasi
Pokok Bahasan
- Ancaman, hambatan, tantangan, dan peluang organisasi
- Sumber ancaman, hambatan, tantangan, dan peluang organisasi yang berasal dari dalam organisasi;
- Sumber ancaman, hambatan, tantangan, dan peluang organisasi yang berasal dari luar.
Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah organisasi dan dapat mencari alternatif pemecahannya
Metode: Ceramah, Simulasi dan Penugasan
Durasi: 180 menit
Peralatan
- Sound System, Notebook, proyektor LCD dan layar.
- White board dan marker, Kertas, Makalah
- Lainnya, sesuai kondisi
- Pelaksanaan ceramah
- Simulasi
- Tanya jawab, yang dapat diperluas dalam bentuk dimungkinkannya peserta untuk mengeluarkan pandangan / pendapatnya.
- Tugas mandiri dan tugas kelompok.
- Wrap up/penarikan beberapa kesimpulan.
Materi VII: Aplikasi Konsep SaHaBaT dalam Kasus Organisasi
Topik
1. Latihan Penyusunan Visi, Misi Ormawa
2. Analisis Masalah Organisasi
3. Rencana Pengembangan Organisasi
4. Evaluasi
Pokok Bahasan
Indikator kinerja:
- Manajemen organisasi;
- Perangkat;
- SOP;
- Output
- Penetapan indikator
- Pengumpulan data (langsung–wawancara, kuesioner, dan sekunder)
- Analisis data
- Laporan
Mahasiswa dapat mengukur kinerja organisasi
Metode: Ceramah, Simulasi dan Latihan
Durasi: 360 menit
Peralatan
- Sound System, Notebook, proyektor LCD dan layar.
- White board dan marker, Kertas, Makalah
- Lainnya, sesuai kondisi
- Pelaksanaan Ceramah.
- Simulasi.
- Tanya jawab, yang dapat diperluas dalam bentuk dimungkinkannya peserta untuk mengeluarkan pandangan / pendapatnya.
- Latihan kelompok.
- Wrap up/penarikan beberapa kesimpulan.
Materi VIII: Rencana Pengembangan Organisasi
Topik:
1. Penyusunan RPO dan Evaluasi
2. Presentasi Laporan RPO
Pokok Bahasan
- Perumusan Masalah Organisasi dengan menggunakan analisis TALI-Kemitraan dan SaHaBaT;
- Pengembangan Alternatif Solusi melalui beberapa analisis pertumbuhan dan masalah suatu organsiasi serta kelebihan dan kelemahan dari masing-masing analisis pertumbuhan dan masalah organsiasi tersebut.
- Penyusunan Rencana Pengembangan Organisasi (RPO): Tujuan, Indikator Kinerja, dan Sistematika:
- Isi pendahuluan;
- Identifikasi masalah;
- Maksud, tujuan dna manfaat RPO;
- Indikator kinerja untuk Pengembangan Organsiasi jangka Pendek dan panjang;
- Serta bentuk pengembangan organsiasi;
Mahasiswa dapat menyusun dan memaparkan Rencana Pengembangan Organisasi
Metode: Ceramah, Penugasan dan Presentasi.
Durasi: 780 menit
Peralatan
- Sound System, Notebook, proyektor LCD dan layar.
- White board dan marker, Kertas, Makalah
- Lainnya, sesuai kondisi
- Pelaksanaan Ceramah.
- Tanya jawab, yang dapat diperluas dalam bentuk dimungkinkannya peserta untuk mengeluarkan pandangan / pendapatnya.
- Diskusi dan Kerja Kelompok
- Pemaparan Rencana Pengembangan Organisasi.
H. Contoh Jadwal Kegiatan
Kurikulum minimal ini memakan waktu 36 jam dengan contoh jadwal sebagai berikut.
Waktu
|
Kegiatan
|
Fasilitator
|
Durasi
|
Hari
Pertama
|
|||
08.00-10.00
|
Pendaftaran
|
Panitia
|
|
·
Persiapan pembukaan
|
|||
10.00-10.30
|
·
Upacara Pembukaan
|
Dirjen/Direktur
|
|
10.30-12.00
|
·
Pre Test
·
Ice Breaking dan Perkenalan
|
||
12.00-13.00
|
Ishoma+Check-in
|
Panitia/Penginapan
|
|
13.00-14.00
|
Program
dan kegiatan kemahasiswaan dan LKMM
|
Pemandu
|
|
14.00-17.00
|
Mitigasi
Bencana/Wawasan Kebangsaan/Bela Negara/Anti Korupsi
|
BNPB,
BNN, BNPT & KPK
|
|
17.00-19.00
|
Isoma
|
||
19.00-20.30
|
Literasi
dan Teknologi Informasi dalam Organisasi Kemahasiswaan
|
Pemandu
|
|
20.30-22.00
|
Kepemimpinan
|
Pemandu
|
|
22.00-
|
Istirahat
|
||
Hari
Kedua
|
|||
05.00-06.00
|
Olahraga
|
Instruktur
|
60'
|
06.00-07.30
|
Sarapan
dan Persiapan
|
||
07.30-09.30
|
Pengambilan
Keputusan dan Komunikasi Efektif
|
Pemandu
|
|
09.30-12.00
|
Organisasi
Modern
|
Pemandu
|
|
12.00-13.30
|
Ishoma
|
||
13.30-15.00
|
Alat
Analisis Organisasi (Konsep SaHaBaT
|
Pemandu
|
|
15.00-15.30
|
Rehat
|
||
15.30-17.00
|
Aplikasi
Konsep SaHaBaT dalam Kasus Organisasi
|
Pemandu
|
|
17.00-19.00
|
Ishoma
|
||
19.00-21.30
|
Pengukuran
Kinerja
|
Pemandu
|
|
21.30-22.00
|
Pengarahan
Kerja Kelompok
|
Pemandu
|
|
22.00-
|
Istirahat
+ Kerja Kelompok Pengembangan Organisasi
|
Peserta
|
|
Hari
Ketiga
|
|||
05.00-06.00
|
Olahraga
|
Instruktur
|
60'
|
06.00-07.30
|
Sarapan
dan Persiapan
|
||
08.00-11.00
|
Presentasi
Rencana Pengembangan Organisasi
|
Peserta
|
|
11.00-11.30
|
Evaluasi, Penjelasan/tugas Pasca Kegiatan dan Post test
|
||
11.30-12.00
|
Penutupan
|
Direktur
|
![]() |
LKMM-TM Ambon 2019 |
![]() |
LKMM-TM LLDikti7 2019 |
![]() |
LKMM-TM Palu 2019 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar